Keindahan Disetiap Sudut Alam Semesta

Alam semesta menyimpan banyak rahasia dan sudah menjadi tugas manusialah untuk menyingkapnya. Sebut saja Teleskop Ruang Angkasa Hubble yang telah membantu mengintip menembus jutaan tahun cahaya. Dan alangkah beruntungnya kita mendapat kesempatan mengetahui betapa luasnya alam ini.

Kalung Mutiara akibat Ledakan Bintang




Gambar di atas adalah Supernova yang diberi nama 1987A dan sudah diketahui sejak dua dekade lalu. Namun, bentuknya yang unik tersebut baru terungkap setelah dipotret Hubble pada Desember 2006 lalu.

Di bagian dalam lingkaran berwarna merah muda mungkin materi yang tertinggal saat ledakan dahsyat terjadi. Sementara bagian yang menyala terang di sekelilingnya merupakan lapisan terluar materi yang dipancarkan bintang saat memasuki masa-masa sekarat.


Kumpulan Bintang Berbentuk Tanda Tanya


Dengan bentuknya yang unik, berkilauan, serta terdiri dari berbagai warna, kumpulan bintang ini bergerak spiral ke bagian bawahnya yang tampak bagaikan sebuah titik. Gambar yang menawan ini diambil lebih dari 100.000 tahun cahaya oleh teleskop ruang angkasa HubblePancuran kosmik bintang, gas, serta debu tersebut disebut oleh Badan Antariksa AS (NASA) sistem Arp 194. Cahaya oranye pada bagian atas diyakini sebagai hamparan galaksi yang berada pada proses menyatu dalam satu himpunan kelompok bintang.


Mata di Luar Angkasa



Para ilmuwan menyebut gambar bintang yang berhasil ditangkap oleh sebuah teleskop raksasa di pegunungan Chili ini Mata Tuhan. Kelompok bintang yang disebut sebagai Mata Tuhan atau dikenal juga dengan sebutan Helix Nebula ini memandang bumi jauh dari ruang angkasa atau mencapai sekitar 700 tahun cahaya. Kumpulan warna tersebut terbentuk oleh lapisan gas dan debu yang diterbangkan serta dipancarkan oleh bintang yang akan berakhir masa hidupnya dalam kurun ribuan tahun mendatang. Matahari juga diperkirakan akan bernasib serupa dengan bintang ini kendati tidak dalam waktu 5 miliar tahun.


Horse Head Nebula



Nebula Kepala Kuda (dikenal juga sebagai Barnard 33) adalah Nebula yang gelap (dark) yang sekumpulan dengan bintang Orion. Jauhnya dari Bumi kira-kira 1.500 tahun cahaya. Nebula ini adalah Nebula yang paling mudah didentifikasi karena bentuk awan debu dan gasnya mirip kepala kuda. Nebula ini ditemukan oleh William Fleming pada tahun 1888.


Nebula Rose



Gambar diatas merupakan gambar Nebula Rose. Nebula Rose sempat membuat gempar karena jadikan rujukan sebagai tafsir dari salah satu ayat dari surat Ar-Rahman:

Maka apabila langit telah terbelah dan menjadi merah mawar seperti (kilapan) minyak. [Al Qur'an (55): 37]

Nebula Bunga Mawar adalah nebula yang sangat besar, letaknya di sekitar bintang Monoceros di area Galaxi “Milky Way”. Jaraknya sekitar 5.200 tahun cahaya dari Bumi. Mengenai Nebula ini sebenarnya mempunyai banyak variasi yang kesemuanya membuat kita berdecak kagum akan luasnya alam semesta ini. klik


Tangan yang Menyentuh Api



Gambar yang disebut Tangan Tuhan itu tidak lain adalah kumpulan awan biru yang membentuk rupa tangan yang hendak merengkuh kobaran api batu bara.

Gambar yang mengundang decak kagum ini berhasil diambil observatori sinar-X Chandra milik Badan Antariksa AS, NASA, yang mengorbit 579 kilometer di atas permukaan bumi. Gambar berupa tangan itu terbentuk akibat ledakan sebuah bintang dengan semburan cahaya terang benderang disertai pembentukan sebuah bintang baru selebar 9 kilometer yang berputar dengan kencang.

Maha Suci Dzat yang telah menciptakan langit dan Bumi dari ketiadaan.

0 Comments:

Post a Comment




Copyright 2006 | Andreas02v2 by GeckoandFly and TemplatesForYou | Design by Andreas Viklund
No part of the content or the blog may be reproduced without prior written permission.TFY Burajiru